Korem 081 DJS Ciptakan Kompor Biomas Hemat Energi

 


MADIUN- www.teropongtimur.co.id

Kompor Biomass ciptaan Korem 081 Dhirotsaha Jaya (DJS) secara bentuk tidak jauh berbeda dengan kompor gas. 


Kompos tersebut sebagai alat pemanas untuk keperluan memasak. Namum kompor buatan korem 081/DJS bedanya, bahan bakarnya berupa material non-gas. Yaitu menggunakan ranting kayu, Kompor tersebut diklaim lebih ekonomis dari kompor biasanya. 


Kompor Biomass yang diinisiasi Korem 081/Dhirotsaha Jaya (DSJ) Madiun Jawa Timur. Untuk melancarkan proses produksi, pihak korem menggandeng salah seorang pengusaha asal Cirebon untuk menciptakan teknologi alternatif tersebut. 


‘’Selain lebih hemat, juga ramah lingkungan,’’ kata Komandan Korem 081/DSJ Kolonel Inf Deni Rejeki dalam Acount Youtubenya. 


Kata Kolonel Inf Deni, selain memenuhi kebutuhan rumah tangga, kompor Biomass dapat dioperasikan untuk kebutuhan industri kecil dan rumah tangga. Namun saat ini Kompor tersebut masih dalam uji coba oleh para prajurit. 


‘’Sementara masih diproduksi terbatas. Kami uji cobakan untuk kebutuhan para prajurit yang akan bertugas di Papua,’’ Ungkapnya 


Kehebatannya, kompor Biomass tersebut  mampu menghasilkan energi listrik. Sejauh ini telah terbukti dapat digunakan untuk mengisi baterai ponsel, aki kendaraan dan lampu LED. Memiliki sejumlah kelebihan itu, kompor biomass tersebut dinilai Danrem cocok dijadikan perangkat  pendukung saat penugasan prajurit TNI di lapangan. 


Rencananya, Kompor Biomas tersebut bila  teruji akan di produksi secara masal dalam membantu perekonomian nasional " Tutupnya. 

Sumber :

Korem 081 DSJ

Danrem 081 DSJ

Pewarta : Hadi

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts