Muspika Silo Lakukan Giat Monev ke Desa-desa

 


Jember-www.teropongtimur.co.id

Bertempat di Kantor Balai Desa Garahan, Camat Silo Joni Pelita membuka acara monitoring dan evaluasi (monev) kegiatan administrasi dan pembangunan desa tahun anggaran 2022. Hadir dalam kegiatan tersebut Tim Monitoring dari Kecamatan Silo di antaranya Kapolsek Silo, Danramil Silo, TFK (tim fasilitasi kecamatan), TPP P3MD (Tenaga Pendamping Professional Program Pembangunan & Pemberdayaan Masyarakat Desa), PU Bina Marga, Babinsa, Babinmas, dan Satpol PP. Selasa (26/07/2022). Hal ini dilakukan dalam rangka tertib Administrasi Pemerintahan Desa yang ada se-Kecamatan Silo 

Menurut Camat Silo Joni Pelita, kegiatan monitoring dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan kinerja penyelenggaraan pemerintahan desa pada aspek perencanaan dan pelaksanaan kegiatan desa, evaluasi serta pelaporan.

"Monitoring dan evaluasi Tim Kecamatan kali ini lebih disasarkan sebagai pendampingan dan pembinaan terhadap pemerintah desa, agar berjalan sesuai dengan tupoksi yang ada. Hal ini sangat dibutuhkan oleh pemerintah desa sebagai bahan evaluasi menuju perbaikan-perbaikan kinerja selanjutnya” ujarnya.



Pada kegiatan monev ini, yang menjadi bahan evaluasi adalah administrasi dan pelaksanaan kegiatan pembangunan yang ada di desa. Materi monev terkait pengerjaan administrasi meliputi dokumen RPJM Desa, RKP Desa, SPJ, Dokumen BLT-DD, dan dokumen penting lainnya. Sedangkan terkait pembangunan, telah dilaporkan melalui dokumen pendukung bahwa Dana Desa Tahap 1 selain digunakan untuk penyaluran BLT-DD, juga digunakan untuk bantuan hewan ternak (kambing) pada Pokmas di 20 RT.  

Dimana masing-masing Pokmas mendapatkan 4 ekor kambing, sedangkan di dua RT yang lain di berikan bantuan tenda (terop) sesuai dengan permintaan Pokmas.

Secara keseluruhan administrasi desa dan pembangunan fisik Desa Garahan sudah berjalan baik, 



Hal serupa juga dilakukan Muspika Silo di Desa Sidomulyo hanya saja pekerjaan pembangunan berbeda dengan Desa Garahan. Untuk Desa Sidomulyo alokasi anggaran di wujudkan dengan pembangunan jalan desa dan pengadaan kandang kambing terpadu.

Menurut Sekdes Sidomulyo  Adi wahyudi bahwa pembanguna kandang kambing terpadu ini nantinya bisa menampung 1500 an ekor kambing. "Kandang kambing terpadu ini nantinya bisa menampung 1500 an ekor kàmbing dan pengeloaannya akan dipasrahkan kepada masyarakat" pungkasnya


Sumber: Kecamatan Silo

Pewarta: Brt/Yung

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts