Sosialisasi PMK di Desa Karangharjo dilakukan Relawan PMK





Jember-www.teropongtimur.co.id

 Dengan semakin meluasnya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) relawan PMK menggelar sosialisasi cara mengatasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sapi. Sosialisasi tersebut bertempat di pendopo Desa Karangharjo Kecamatan Silo, Kamis (28/07/2022). Turut hadir pada kesempatan itu diantaranya babinsa, bhabinkamtimas dan peternak di lingkungan Desa Karangharjo.

Koordinator Relawan PMK Arif Rahman yang juga merupakan SAHABAT TINO mengatakan, kegiatan tersebut sebagai langkah antisipasi penularan PMK pada hewan ternak yang belakangan ini meresahkan warga setempat.



Menurutnya, virus PMK beberapa waktu lalu diketahui banyak menyebar di luar desa Karangharjo. Namun, kini sudah masuk hingga ke pelosok-pelosok. “Jadi, satu hewan yang terjangkit virus PMK di suatu tempat, bisa menular kepada hewan ternak lain,” kata Arif saat menjelaskan tentang penularan  virus PMK, 

Arif mengungkapkan, antisipasi pertama mencegah penularan PMK adalah meningkatkan daya tahan tubuh hewan, supaya tidak menurun nafsu makannya. “Hewan yang tidak tertolong karena nafsu makannya menurun dan kurang diperhatikan, bisa menyebabkan sapi itu mati,” ungkapnya.

Selanjutnya Arif memaparkan, ada beberapa ramuan untuk hewan ternak yang terjangkit PMK, di antaranya kunyit dan asap cair batok kelapa. “Ramuan herbal iki juga bisa digunakan untuk luka pada daerah mulut dan kuku juga” pungkasnya.

Sumber: Desa Karangharjo

Pewarta: Brt/Yung


Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts