Sosialisasi Peraturan Komusi Pemilihan Umum tentang Pendaftaran dan Veripikasi


Bali, www.teropongtimur.co.id

Badung, Bertampat di Ruang Rapat Madia Gosana Lantai III Kantor DPRD Kab. Badung Jl. Raya Sempidi Kec. Mengwi, Kab. Badung telah berlangsung Sosialisasi Peraturan Komusi Pemilihan Umum Nomor 4 tahun 2022 tentang Pendaftaran, Veripikasi dan penetapan partai politik peserta pemilihan umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah yang dipimpin oleh Ketua KPU Kab. Badung I Wayan Semara Cipta diikuti sekitar 50 orang. 31/7/22

Turut hadir dalam sosialisasi tersebut.

- Ketua KPU Prov. Bali 

- Ketua DPRD Kab. Badung

- Ketua Bawaslu Kab. Badung

- Dandim 1611/Badung diwakili Pasi Ops Kodim.

- Kapolresta diwakili Kasat Intelkam

- Kapolres Badung diwakili KBO Satintelkam

- Kepala Kejaksaan Negri Badung diwakili Kasubsi

- Sekretaris KPU Kab. Badung

- Kaban Kesbangpol Kab. Badung

- Komisioner KPU Kab. Badung

- Pimpinan Parpol peserta pemilu


Sekitar jam 09.30 Wita acara dimulai diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, di lanjut Sambutan ketua KPU Kab. Badung yang intinya :

- Kami dari KPU Kabupaten Badung hari ini melakukan sosialisasi PKPU Nomor 4 tahun 2022 di tingkat Kabupaten Badung menindaklanjuti dari kegiatan yang sama di tingkat Provinsi Bali sebelumnya. 

- Mekanisme pendaftaran partai politik saat ini berbeda dengan pemilu sebelumnya dimana semuanya berpusat di KPU RI dan menggunakan aplikasi Sipol dan akan dimulai per tanggal 1 Agustus 2022.

Ketua KPU Provinsi Bali menyampaikan,

- Besok pertanggal 1 Agustus 2022 sudah dimulai pendaftaran partai politik yang seluruhnya terkonsentrasi di KPU Pusat hingga nanti sampai dengan penetapan partai politik. 

- Pemilu tahun 2024 ini sangat berbeda dengan pemilu sebelumnya utamanya partai politik sebagai peserta pemilu harus berperan aktif dalam mengikuti seluruh tahapan. 

- KPU Kabupaten Kota tidak lagi melakukan hal-hal administrasi, jika dokumen sudah dinyatakan lengkap oleh KPU RI maka selanjutnya akan diturunkan ke KPU Kabupaten/Kota.

- Kami harapkan kepada pimpinan partai politik agar menyiapkan LO partai yang berhubungan dengan KPU merupakan orang yang kredibel mengingat tahapan pemilu yang seluruhnya serba mepet sehingga dapat berjalan sesuai dengan tahapan. 

- Resiko yang dapat terjadi jika jalannya  Pemilu pada bulan Februari 2024 tidak berjalan lancar, saya yakin pelaksanaan Pilkada serentak juga akan sama. Maka dari itu kita sama-sama mulai dari sekarang mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk kelancaran jalannya Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024.

Di susul sosialisasi oleh anggota KPU Kabupaten Badung Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, I Wayan Artana Dana tentang PKPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024.

Penyampaian tambahan oleh anggota KPU Kabupaten Badung divisi Perencanaan, Data dan Informasi, I Gst. Ketut Gede Yusa Arsana Putra mengenai harapan kepada partai politik agar nama yang sudah dimasukkan ke sistem Sipol dapat dicek dan disandingkan dengan aplikasi Lindungi Hakmu.



Pewarta : Mamat arifin

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts