Eksploitasi Pasir Besar - Besaran Di Ngoro Jombang, Perintah Kapolri Diabaikan

Jombang.www.teropong.timur


JOMBANG ,  Penambangan Pasir ILegal di wilayah Hukum Polres Jombang semakin membuat penanganan hukum kian suram. Potensi alam di jadikan ajang kekayaan pribadi seorang pengusaha.

Pemantauan dan Pengamatan media ini dilapangan menyebutkan bahwa, galian c liar milik Budi warga Mojokerto diduga tidak mengantongi ijin sama sekali. Kegiatan tambang tersebut terletak di Desa Kauman Dusun Krenggan kecamatan Ngoro Jombang  Jawa Timur.

Aktivitas galian C liar besaran  dengan menggunakan alat berat 2 Unit ekscavator. Sedangkan dilapangan tampak puluhan dum  Truk sebagai sarana eksploitasi pasir keluar dari lokasi tambang.

Salah satu warga desa Kerenggan yang enggan  di publikasikan  namanya mengatakan, kegiatan tambang  Tambang galian c Ilegal  ini sudah beroperasi hampir 3 Minggu , dan  pengusahanya  berasal dari Mojokerto.

"Saya dengar BD kerja sama dengan  pengusaha penimbunan pasir / STOCKPILE  PT. SKA ( SINAR KARYA ADIMARGA, yang ada di luar kabupaten Jombang," ucapnya pada media ini. Rabu (24/8).

Masih menurut warga desa  Kerenggan ini, dengan adanya aktivitas penambangan tersebut masyarakat merasa terganggu. Sebab aktifitas yang dilakukan oleh pihak penambang 24 jam nin stop.

"Jujur sebenarnya warga desa Kranggan saat ini  merasa terganggu dengan  suara  bising  mobil Dam Trak yang  mondar mandir  mengangkut pasir ,Namun para warga mengakui tidak bisa berbuat  apa apa di karenakan Pihak Polsek Ngoro Pun di duga Kuat  sudah tau keberadaan kegiatan Ilegal tersebut," tuturnya.

Ditambahkannya, bagaimana tidak tahu pihak Polsek Ngoro, sedangkan lokasi tambang itu hanya berjarak kurang lebih 3 kilo aja dengan kantor Polsek Ngoro. Kami tidak mau berandai andai, tentunya ada dugaan  kuat mereka juga terkondisi dengan baik.

Kami sangat mengharapkan semoga  pihak Aparat penegak hukum Polres Jombang dan penegak  Hukum Polda Jatim Sudi  menghentikan kegiatan pertambangan Ilegal yang ada di desa kami  , agar kami para warga tidak terganggu dengan aktivitas mobil Paser tersebut dan pastinya jalan  desa kami agar  tidak semakin rusak parah.

Secara terpisah media ini sudah berusaha menemui Kepala Desa Kranggan kecamatan Ngoro - Jombang, , Namun sang Kades   Suhartana tidk mau menemui untuk di konfirmsi terkait penambangan di desanya, bahkan Kades Suhartana  terkesan enggan dengan awak media ini.

Terpisah Kasubdit  Tipidter Ditreskrimsus Polda Jatim AKBP Windy Syafutra  saat di konfirmasikan media ini   melalui  pesan singkat Whashap  mengatakan,  terima kasih informasinya, nanti kami cek.

Sementara itu dikutip dari siaran persnya bahwa kinerja Kepolisian saat ini sedang mendapat banyak sorotan dari publik. Untuk itu, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta kepada seluruh jajarannya berupaya mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap institusi polri. Caranya, tidak segan untuk menindak seluruh aktivitas terlarang, misal judi online, tambang ilegal, pungli, dan lainnya.

Untuk diketahui, pertambangan liar pelaku bisa dikenakan pidana yaitu Pasal 98 Ayat (1) Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, dengan ancaman pidana penjara paling singkat 3 (tiga) tahun dan paling lama 10 (sepuluh) tahun dan denda paling sedikit  Rp. 3 miliar  dan paling banyak Rp.10 miliar. ( Fan / YADI )


Sumber.  : Investigasi Teropong 

                    Timur  Yadi / Fan

Pawarta. :. MISYADI 

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts