Polresta Bandung Berhasil Ungkap Penyuntikan Gas Subsidi



Bandung-www.teropongtimur.co.id

Polresta Bandung Polda Jabar pimpinan Kombes Pol Kusworo Wibowo SH. SIK .MH berhasil mengungkap kasus tindak pidana penyuntikan tabung gas yang beropeeasi di wilayah hukum Polresta Bandung Jabar.

Saat menggelar konferensi pers di TKP (Tempat Kejadian Perkara), Kapolresta Bandung Polda Jabar mengatakan kejadian tersebut berawal adanya informasi dari masyarakat di wilayah Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Mereka membeli tabung gas sebesar 12 kilo, tapi habisnya lebih cepat daripada ukuran tabung 12 kilo biasanya. Rabu, 24/08/2022.

Mendengar informasi seperti ini, Kusworo memerintahkan unit Reskrim Polresta Bandung Polda Jabar untuk langsung melakukan penyelidikan. Pada saat kami melaksanakan penyelidikan, kami melihat aksi tertangkap tangan. Pelaku pelanggar tindak pidana ini sedang melakukan kegiatan penyuntikan.

“Jadi kegiatannya adalah memperniagakan tabung gas secara ilegal yang tidak sesuai dengan perijinannya, pelaku ini menyuntikan dari tabung 3 kilo (Subsidi) ke tabung 12 kilo dengan menggunakan alat suntik" ujar Kapolresta.

Kusworo menambahkan bahwa bisa dipatikan saat disuntikan, tabung 12 kilo itu tidak sampai 12 kilo, kemungkinan hanya sampai 10 kilo dan langsung diperjualbelikan.

“Untuk harga yang seharusnya tabung 12 kilo itu 205 ribu, namun dijual dengan 160 ribu. Dengan begitu patut diduga bahwa ini adalah barang hasil kejahatan,” ujar Kusworo.

Perlu diketahui, pelaku berinisial SR dan AH ini telah melakukan aksinya sejak Maret 2022. Dimana selama enam bulan, dan satu minggu itu bisa dilakukan tiga kali penyuntikan.

“Selama enam bulan ini, dikalkulasi jumlah kerugian negara sejak bulan Maret 2022 sampai saat ini itu bisa mencapai 360 juta rupiah kerugian negara,” jelas Kusworo.

Sementara dari hasil terungkapnya kasus ini, Satreskrim Polresta Bandung Polda Jabar berhasil mengamankan barang bukti tabung gas 247 berbagai ukuran.


Berdasarkan hasil pengungkapan kasus ini Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo SH.SIK.MH menghimbau kepada masyarakat lebih cerdas dalam setiap membeli tabung gas elpiji.

“Masyarakar juga diminta tak menerima tabung gas apabila tidak bersegel resmi, selain merugikan secara ekonomi, penyuntikan tabung gas juga berbahaya.” ujarnya.

Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya para pelaku dilanggar Pasal 55 UU No.22 tahun 2001 Migas Jo Pasal 40 angka 9 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja “Setiap orang yang menyalahgunakan pengangkutan dan/atau niaga bahan bakar minyak yang disubsidi pemerintah dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (Enam) tahun dan denda paling tinggi Rp 60.000.000.000 (enam puluh miliar rupiah).

Sumbèr:  Poresta Bandung

Pewarta: Team

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts