TELAH DISELENGGARAKAN KEMBALI ROADSHOW PROGRAM SWASEMBADA GIZI DAN PENGUATAN KAPASITAS OLEH TIM PENURUNAN STUNTING DI DESA KALIASIN KECAMATAN TANJUNG BINTANG


LAMPUNG SELATAN - www.teropongtimur.co.id


Kecamatan Tanjung Bintang merupakan Kecamatan ke-10 yang mendapat kunjungan Roadshow dari TPPS Kabupaten Lampung Selatan yang diselenggarakan di Desa Kaliasin. (28/7/2022)


Kepala Dinas Dalduk dan KB Rika Wati melaporkan, kegiatan Roadshow ini bertujuan sebagai akses koordinasi dan konvergensi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten, Kecamatan, Desa dan Kader penggerak gerakan swasembada gizi serta memonitoring swasembada gizi.


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua TPPS Lampung Selatan (Hj. Winarni Nanang Ermanto), Camat Tanjung Bintang (Hendri Hatta), Kepala Dinas Pendidikan (Asep Jamhur), Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Erdiyansyah), Ketua DWP (Yani Thamrin), Perwakilan Kemenag Lampung Selatan (Suhemi), K3S Tanjung Bintang (Miftah Danuri Latif), PT. JAPFA, PT. INDOMARIN, dan beberapa Kepala Perangkat Desa terkait.


Dalam sambutannya, Ketua TPPS Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto menyampaikan harapannya kepada setiap Desa agar mampu berinovasi untuk menyatukan kekuatan dan bergotong royong dalam menuntaskan permasalahan stunting di Kecamatan Tanjung Bintang tersebut.


"Ini merupakan project untuk mencetak generasi unggul di Lampung Selatan dengan kader-kader penggerak yang ada di setiap Desa yang bekerjasama dengan Pemerintah Desa sampai Kabupaten. Untuk itu mari gotong royong kerjasamanya ditingkatkan lagi ya, agar muncul inovasi dan kreatifitas dalam menyelesaikan kasus stunting di Tanjung Bintang", imbuhnya.


Sementara itu, Ketua Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Erdiyansyah) juga menyarankan agar setiap posyandu memiliki antropometri alat yang berfungsi untuk pengukur tinggi badan balita.


"Harapan saya kepada jajaran terkait agar tidak hanya mengutakan pembangunan infrastruktur, namun segi pendidikan, kesehatan, dan ekonomi harus diperhatikan guna meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia", jelasnya.


Disampaikan oleh Camat Tanjung Bintang (Hendri Hatta) bahwa program swasembada gizi di Kecamatannya telah dibentuk 16 TPPS dan 19 TPK.


"Untuk Kecamatan Tanjung Bintang, Desa yang masuk Desa Lokus di Tahun 2023 ada 2 Desa. Dan ini sangat menjadi perhatian khusus bagi kami", tuturnya.


Sebagai Tuan rumah swasembada gizi yakni Kepala Desa Kaliasin, Iskandar juga mengungkapkan harapan serta rasa syukurnya atas kegiatan penurunan stunting swasembada gizi ini sehingga di Desa Kaliasin sudah tidak ada lagi anak-anak yang terindikasi kasus stunting.


"Dengan adanya agenda Roadshow swasembada gizi ini, mudah2an kedepannya harapan saya sudah tidak ada lagi kasus stunting di Desa manapun. Saya sangat mensupport sekali pelaksanaan kegiatan ini, karena selain menuntaskan kasus-kasus stunting juga menggiring masyarakat untuk hidup sehat dan cerdas", ungkapnya.


Pewarta : Hadi

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts