*PW PII DKI Jakarta Melaksanakan Rapimwil dan Menandatangani Nota kesepahaman dengan Forum QHSE BUMN Konstruksi Indonesia*


Jakarta -- www.teropongtimur.co.id

Pengurus Wilayah Persatuan Insinyur Indonesia DKI Jakarta (“PW PII DKI Jakarta”) sebagai Organisasi Profesi Insinyur melakukan kegiatan Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) II di Jakarta pada tanggal 24 September 2022 di Plaza SUA, Tebet, Jakarta Selatan. 


Kegiatan Rapimwil ini adalah amanat organisasi yang tercantum dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PII, dimana Agenda Rapimwil adalah evaluasi Program Kerja dan dilakukan sekurang-kurangnya 1 kali dalam 1 tahun. 


Rapimwil ini diikuti oleh 45 peserta yang terdiri atas Pengurus Wilayah dan Pengurus Cabang di wilayah DKI Jakarta, yang hadir secara tatap muka. Rapimwil ini dihadiri oleh Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup (Asbang&LH) Bapak Ir. Afan Ardiansyah Idris MSi. yang mewakili Gubernur DKI Jakarta, Ketua Komite Pengembangan Organisasi (PO) Pengurus Pusat PII, Bapak Laksma TNI (Purn) Dr. Ir. Eden Gunawan, MM. IPU. ASEAN Eng. yang mewakili Ketua Umum PII, Ketua Dewan Penasihat PW PII DKI Jakarta, Prof. Dr. Ir. IGN Wiratmaja Puja. Ketua PW PII DKI Jakarta, Ir. P. Bambang Hernowo, ST. MM. IPU. ASEAN Eng., dalam sambutannya menyampaikan Rapimwil II ini diadakan sebagai evaluasi atas program kerja yang disusun dalam Rapimwil I di bulan Juni 2021, disampaikan juga Kaleidoscope PW PII DKI Jakarta tahun 2021-2022. Ketua PO dalam sambutannya mewakili Ketua Umum PII menyampaikan PII akan menyelenggarakan Rapimnas di bulan November 2022, dan sebuah kebaikan bahwa PW PII DKI Jakarta mengawali dengan Rapimwil. Salah satu agenda dalam Rapimnas adalah Pengesahan Peraturan Organisasi yang salah satunya mengatur tentang Tata Kelola Organisasi antar PP-PW-PC. Ketua Komite PO juga menyampaikan bahwa Kerja Keinsinyuran sangat diperlukan dalam pembangunan Ibukota Kota Negara (IKN) yang saat ini sedang berjalan. Aspem & LH yang mewakili Gubernur Provinsi DKI Jakarta dalam sambutannya menyampaikan bahwa DKI Jakarta mengalami perubahan status, dengan adanya UU no 3 tahun 2022 tentang IKN, Jakarta sebagai Kota Bisnis dan Ekonomi Berskala Global. Jakarta berubah dari Car Oriented Development ke Transit Oriented Development, dengan target 60% Mode Share; Perumahan dan Permukiman yang layak dengan Lingkungan Hidup yang Seimbang dan Lestari; Proses Pembangunan berubah dari Pemerintah yang Administrator, Service Provider, Facilitator menjadi Pemerintah yang Collaborator, Warga menjadi Co-Creator. Asbang&LH juga menyampaikan Peraturan Gubernur no 31 tahun 2022 tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Wilayah Perencanaan Provinsi DKI Jakarta yang diundangkan 27 Juni 2022. Pak Asbang& LH secara resmi membuka Rapimwil II PW PII DKI Jakarta tahun 2022. 


Rangkaian Pembukaan Rapimwil dilakukan penandatangan Nota Kesepahaman antara PW PII DKI Jakarta dengan Forum QHSE BUMN Konstruksi Indonesia dalam dalam Bidang Pendidikan, Pelatihan dan Pengabdian Masyarakat dalam Lingkup QHSE, dilanjutkan dengan Pemotongan Tumpeng sebagai Bentuk Syukur dan Doa dalam Penggunaan Sekretariat PW PII DKI Jakarta. 


PW PII DKI Jakarta juga mengadakan Talkshow dalam rangka Rapimwil II dengan Tema “Integrasi Transportasi untuk Indonesia Berkelanjutan” dengan Nara Sumber: Suryawan Putra Hia (Komisaris Utama PT. Jakarta Lingko Indonesia) topik: "Integrasi Sistem Transportasi Jabodetabek"; Yoga Adiwinarto (Direktur Operasi dan Safety PT. Transportasi Jakarta) topik: "Peta Jalan TransJakarta dalam Energi Bersih dan Berkelanjutan" Khairullah (Vice President Produk & Bisnis Inovatif PT. PLN (Persero)) topik: "Ecosystem Electric Vehicle". Talkshow ini juga diikuti secara daring oleh 88 orang peserta. Senyampang dengan perpindahan transportasi pribadi ke transportasi massal sebesar 60 persen (dari 21%), kebutuhan integrasi antar moda di Jabodetabek menjadi salah satu prasyarat. Integrasi yang dilakukan mencakup Integrasi Moda, Integrasi Layanan dan Integrasi Sistem Layanan. Pak Suryawan menyampaikan bahwa Jaklingko diamanatkan untuk Integrasi 3 hal ini. TransJakarta sebagai Pelaku Transportasi terbesar di Jabodetabek memiliki peta jalan dalam Energi Bersih dan Berkelanjutan. Pak Yoga menyampaikan, TransJakarta ditargetkan di tahun 2030 bus yang dioperasikan (proyeksi kebutuhan 10.047 bus) akan menggunakan 100% Electric Vehicle (EV). Pemenuhan 100% ini dilakukan dengan pengadaan Bus EV baru dan konversi bus Internal Combustion Engine (ICE) menjadi Bus EV. Kesiapan PLN dalam mendukung EV Ekosistem ini disampaikan oleh Pak Khairullah. PLN memiliki target membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang terintegrasi sehingga memungkinkan perjalanan Sumatera-Jawa-Bali, maupun Lintas Kalimantan dan Sulawesi. Pola kemitraan pun dibuka untuk mempercepat target EV Ekosistem yang terbangun. Kolaborasi antar entitas moda transport dan pendukung infrastruktur kelistrikan menjadi kunci dalam mencapai peta jalan menuju Net Zero Emission di tahun 2060.


Sesi inti Rapimwil II PW PII DKI Jakarta diadakan setelah acara Talkshow. Dipimpin oleh Ketua PW PII DKI Jakarta disepakati Program Kerja 2022-2023 yang merupakan carry over sebagian Program Kerja 2021-2022 yang belum terlaksana dan masih sesuai dengan kondisi kekinian serta Program Kerja baru yang diusulkan Bidang dan Komisi PW PII DKI Jakarta. Beberapa Program Kerja yang diputuskan untuk dilakukan di periode 2022-2023 antara lain: Pengelolaan Urban Farming dengan Pendekatan Green Building, Kajian dan Rekomendasi terkait Bridging Provider Listrik (PLN) dengan Operator Transportasi (TransJakarta, DAMRI), Konversi penggunaan LPG ke Kompor Listrik, Penerapan Integrasi Logistik Pangan dalam Ketahanan Pangan, Serial Webinar dalam Pengembangan Kawasan Perkotaan dan Pemukiman (RDTR DKI Jakarta; IKN; Green Infrastructure Development; Low Income Housing; Smart City), Budidaya Perikanan dan Penanaman Mangrove; Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bekerjasama dengan Perguruan Tinggi dan Perusahaan, Penyusunan Tata Kelola Organisasi: Hubungan PP-PW-PC; Keanggotaan dan Sertifikasi; Peran HKK; Proses PKB, Engineering Trip, serta Penguatan Media Sosial PW PII DKI Jakarta dalam Diseminasi ke Anggota dan Masyarakat. Beberapa program di atas selanjutnya akan disusun jadualnya berdasarkan tingkat kepentingan, kekinian dan alokasi sumber daya. 


Ketua PW PII DKI Jakarta dalam Penutupan Sesi Penyusunan Program Kerja meminta kepada semua Pengurus untuk secara bersama bekerja dan bekerjasama dalam ritme marathon, bukan sprint, membutuhkan ketahanan dan persistensi dalam menjalankan Program Kerja.


Peserta Rapimwil II menandatangani komitmen untuk bersama menjalankan Program Kerja yang telah disusun. Rapimwil II ditutup pada pukul 16.15 WIB.



Ir. Priyatno Bambang Hernowo, ST., MM., IPU., ASEAN Eng.

Ketua Pengurus Wilayah PII Provinsi DKI Jakarta.

(Red)

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts