Sekami Paroki Alusi peringati Minggu Misi Sedunia yang ke-96 dengan tema "Kamu akan Menjadi Saksi Ku"

         RD Yan Oratmangun sedang                           menyampaikan Kotbah.


Tanimbar-Maluku, www.teropongtimur.co.id

Paroki Santa Maria Assumpta Alusi Keuskupan Amboina menyelenggarakan beberapa kegiatan yang melibatkan seluruh anak SEKAMI ( Serikat Kerasulan Anak Misioner ) separoki Alusi bertempat di Stasi Santo Petrus dan Paulus Alusi Batjasi, minggu 23 Oktober 2022.


Acara tersebut dalam rangka memperingati minggu misi sedunia yang ke-96 dengan tema " KAMU AKAN MENJADI SAKSI KU" . Kegiatan yang diawali dengan perayaan Ekaristi Kudus yang dipimpin langsung oleh RD. Yan Oratmangun sekaligus sebagai pastor paroki Santa Maria Alusi Assumpta, dalam kotbahnya pastor Yan mengingatkan " dalam menjawab panggilan Tuhan, manusia harus belajar dari pemungut cukai yang rendah hati dan mengakui seluruh kelemahan dihadapan Tuhan sehingga mendapatkan pengampunan dan berkat, jangan sebaliknya seperti orang farisi yang angkuh dan sombong memuji dirinya dan bukan memuji Tuhan serta merendahkan orang lain, seperti Sabda Tuhan yang diambil dari bacaan Injil Lukas 18: 9-14 " Dan kepada beberapa orang yang menganggap dirinya benar dan memandang rendah semua orang lain, Yesus mengatakan perumpamaan ini: " Ada dua orang pergi ke bait Allah untuk berdoa, yang seorang adalah farisi dan yang lain pemungut cukai. Orang farisi itu berdiri dan berdoa  dalam hatinya begini :" Ya Allah, aku mengucap syukur kepadaMu, karena aku tidak sama seperti semua orang lain, bukan perampok,bukan orang lalim, bukan pezinah, dan bukan seperti pemungut cukai, aku berpuasa dua kali seminggu, aku memberikan sepersepuluh dari segala penghasilanku." Tetapi pemungut cukai itu berdiri jauh-jauh bahkan ia tidak berani menengadah kelangit, melainkan memukul diri dan berkata:" Ya Allah, kasihanilah aku orang berdosa ini" .  Aku berkata kepada mu: orang ini pulang kerumahnya sebagai orang yang dibenarkan Allah dan orang lain itu tidak. Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri ia akan ditinggikan".


Ketua Pembina Sekami  Paroki Santa Maria Assumpta Alusi " Mariana Sunlety" ketika ditemui disela-sela kegiatan  menerangkan bahwa ini dilakukan agar anak-anak saling mengenal, karena Sekami adalah sebuah wadah berhimpun Anak-Remaja Katolik seluruh dunia untuk membangun iman dalam Yesus Kristus. Olehnya itu  pada kesempatan ini kami membuat kegiatan yang melibatkan seluruh anak sekami separoki Alusi dengan kegiatan yang membangun tumbuh kembang iman anak-anak melalui bermain bersama, menari, menyanyi dan berdoa untuk mempersiapkan diri mereka menjawab panggilan Tuhan baik sebagai Imam, Suster, Bruder, dokter, perawat, bidan, guru, polisi, tentara, pilot dan lain lain, jelasnya. 


Guru Sekolah Dasar  Nasional Katolik Santo Petrus dan Paulus Alusi Batjasi ini menambahkan bahwa selain kegiatan yang sudah disebutkan, juga diadakan sosialisasi dari Katakes tentang misi panggilan dengan tema " Kamu akan Menjadi Saksi Ku " yang bertujuan memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang makna menjadi saksi dalam hidup mereka baik perbuatan, pikiran dan perkataan terhadap hubungan  dengan Tuhan dan sesama. Selain itu ada juga sosialisasi dari kesehatan ( Puskesmas Alusi) ini lebih mengarah tentang bagaimana anak anak menghadapi pergaulan bebas , sedini mungkin anak-anak memiliki wawasan pengetahuan untuk lebih mawas diri yang didukung oleh orang tua agar cita cita anak dapat digapai tanpa ada halangan dengan hal hal seperti kawin dibawah umur. Karena memang untuk wilayah Kormomolin sangat rawan pelecehan seksual di bawah umur, untuk itu melalui kegiatan ini kiranya anak-anak mendapatkan pengetahuan dan pemahaman baru akan dampak buruk dari kawin di bawah umur, dan kedepannya kami juga akan melibatkan kepolisian, dinas perlindungan anak dan perempuan kabupaten Kepulauan Tanimbar, serta jurnalis untuk sama sama melakukan pendampingan dan pembinaan kepada anak-anak, harap Sunlety. ****


Pewarta: Damian

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts