Tanam Kelor 1000 Pohon Setelah dua bulan di Lantik, Kades Alusi Bukjalim Panen zero stunting tahun 2022

Foto Bersama : Camat Kormomolin,, ketua PKK Kecamatan Kormomolin, Kepala Desa Alusi Bukjalim, Ketua PKK desa Alusi Bukjalim, Kepala Puskeamas Alusi Bersama Staf.


Tanimbar-Maluku,  www.teropongtimur.co.id

Kepala Desa Alusi Bukjalim " Yoseph Angwarmas" mendapat penghargaan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar sebagai desa contoh zero ( nol) stunting dari 80 desa yang ada di Kabupaten yang berjuluk Duan Lolat itu. Penghargaan tersebut diberikan oleh PEMDA Kepulauan Tanimbar di sela-sela kegiatan Rembug Stunting Kabupaten Kepulauan Tanimbar di gedung Kesenian Jalan Ir. Soekarno, kamis 27 Oktober 2022.

Angwarmas dianggap sebagai kepala desa yang sukses menuntaskan masalah stunting didesanya sampai zero ( nol) dan menjadi contoh yang baik untuk 79 desa lainnya. 


Dalam memberikan tertimoni terkait kiat-kiat sukses yang ditempuhnya, pria kelahiran 7 Maret 1974 ini menjelaskan, katanya waktu saya dilantik tahun lalu ( tahun 2021), saya diperhadapkan dengan angka stunting Alusi Bukjalim sebanyak 7 orang, saya mulai berpikir bagaimana solusi untuk menangani persoalan tersebut, karena sebelumnya saya menjadi Sekretaris Desa dan tahu pasti setiap tahun ada penganggaran untuk PMT tapi toh kenapa angka stuntingnya semakin naik, jelasnya. 

Setelah membuka kembali visi misi waktu pencalonan kepala desa, saya mendapati bahwa kesehatan adalah bagian dari visi misi tersebut, lalu mulai saya mengumpulkan para RT di desa dan rapat bersama, muncullah ide menanam kelor sebanyak 1000 pohon dan itu dilakukan secara swadaya, dengan kesepakatan jika dari 1000 pohon itu ada yang mati maka wajib diganti dengan yang baru sampai semuanya hidup, dan puji Tuhan akhirnya usaha tersebut berhasil. Jika mengharapkan PMT yang dianggarkan melalui Dana Desa dan pencairan bertahap, maka mustahil capai zero stunting seperti saat ini. Dengan adanya pangan lokal yang sudah disiapkan maka menjadi alternatif yang baik untuk penanganan stunting, dan hal tersebut kami sudah buktikan, tanam 1000 pohon kelor tahun lalu dan pada tanggal 25 Agustus 2022, desa saya capai zero stunting, jelasnya. 


Selain itu pria yang berzodiak Pisces ini mengakui peran pihak kesehatan (Puskesmas Alusi) dan Kecamatan dalam memberi motivasi dan dukungan yang sangat besar, dengan komunikasi yang dibangun hal hal yang tidak dapat diselesaikan secara sendiri dapat tuntas dengan kerja kolaborasi dan gotong royong, akuinya. 


Kepala Puskesmas Alusi " Laurensius Laiyan" ketika ditemui Teropong memberikan pendapatnya terkait  kesuksesan desa Alusi Bukjalim capai zero stunting, mengatakan bahwa kuncinya ada pada kerja sama yang baik antara kami petugas kesehatan, pemerintah kecamatan dan pemerintah desa dalam bahu membahu mendorong penanganan stunting di desa itu untuk dituntaskan, apalagi Bukjalim masuk sebagai desa lokus penanganan stunting tahun 2022, dengan berbagai inovasi menggunakan pangan lokal yang tersedia disekitar lingkungan masyarakat misalnya sayur kelor, puding kelor dan lainnya, ini yang dilakukan oleh pemerintah desa Alusi Bukjalim membuat kebun percontohan tanaman kelor sebanyak 1000 pohon, hal tersebut sangat membantu percepatan penanganan stunting, walau memang proses tidak mudah, tapi jika tekun dan sabar pasti hasilnya memuaskan, jelasnya. 


Lanjut" Laiyan " yang menjadi pekerjaan rumah adalah bagaimana mempertahankan keberhasilan zero stunting di Bukjalim mulai saat ini dan masa masa yang akan datang, hal ini perlu dijaga bersama sehingga sukses hari ini jangan hanya sesaat, dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan membulatkan tekad dan komitmen dalam pencegahan dan penanganan stunting secara bersama, tutupnya. ***


Pewarta : Damian

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts