Tiga Desa di Kecamatan Fordata selenggarakan Pelatihan Bumdesa dan KPMD secara Bersama.


Kepala desa Adodo Fordata " Estepanus Warwuru" sedang menyampaiakan tujuan dan harapan pelatihan sekaligus membuka kegiaatan.

Tanimbar - Maluku, www.teropongtimur.co.id

Badan Usaha Miliki Desa ( Bumdesa ) dan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa ( KPMD ) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan berdesa. Bundes terkait pengelolaan dan peningkatan ekonomi desa dan KPMD adalah bagian yang harus menggerakkan desa dan anggotanya adalah yang memiliki pengetahuan, kemauan dan kemampuan untuk menggerakkan masyarakat dalam pemberdayaan dalam pembangunan partisipatif, demikian disampaikan kepala desa Adodo Fordata " Estepanus Warwuru" saat membuka kegiatan pelatihan di balai desa setempat, rabu 19 Oktober 2022.


Kades tiga periode ini berharap agar para peserta yang telah terpilih dan mengikuti pelatihan hari ini bersungguh sungguh mengikuti materi yang disampaikan oleh para narasumber,  sehingga disaat kembali dimasing masing desanya dapat mempraktekkan dengan benar dan sukses, tegasnya. 


Salah satu peserta dari desa Walerang " Abraham Boky" ketika dimintai tanggapannya terkait pelatihan dimaksud, wah ini hal yang sangat baik menurut saya, timpalnya, saya sangat berterimakasih kepada pemerintah desa,  karena dengan pelatihan ini dapat membuka wawasan berpikirnya dan juga peserta lainnya, bagaimana turut serta mengambil bagian membangun desa  baik sebagai Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa maupun sebagai pengurus Badan Usaha Milik Desa, terangnya. 


Berbeda dengan Andy Lokra salah satu peserta yang juga  dari desa Walerang saat menyampaikan pendapatnya disaat sesi tanya jawab berharap agar setelah pelatihan ini KPMD di SK kan oleh kepala desa, karena selama ini pelatihan tapi setelah pulang tidak ada tindak lanjut, keluhnya. 


Adapun tiga desa yang selenggarakan pelatihan adalah Desa Adodo Fordata, desa Walerang dan desa Sofyanin, turut hadir kepala desa Walerang" Simson Wuarbanaran" bersama staf dan kepala desa Sofyanin" Melkior Sabono" bersama staf. ****


Pewarta : Damian

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts