Ahmadul Fikri dan Indriana Susanti Jadi Duta Genre Kota Probolinggo


Probolinggo, www.teropongtimur.co.id

KANIGARAN - Pemilihan Duta Genre Kota Probolinggo kembali digelar. Acara tahunan tersebut diikuti 90 peserta, 20 peserta diantaranya masuk tahapan grand final, Senin (14/11). Juara I Duta Genre diraih Ahmadul Fikri Syifa, dari SMA Sunan Giri dan Indriana Susanti, dari SMA Negeri 4. 


Untuk juara 2 dimenangkan Ikbal Al Faizi dari SMA Sunan Giri dan Azzara Nuraini Putri dari SMA Negeri 2. Juara 3  berhasil disabet Ariel Dwi dari SMP Namira, Cinta Laura Aditya Putri dari SMPN 5. Sedangkan Duta Genre favorit adalah Narendra Kusuma Adi dari SMP Negeri 4 dan Revalina Ayudya dari SMA Negeri 1. 

Ajang yang sudah diinisiasi sejak tahun 2013 oleh BKKBN ini mencari bibit dari para remaja rentang usia remaja yaitu  13-21 tahun. Definisi Genre ialah Generasi Berencana dan duta Genre Kota Probolinggo mempunyai peran yang sangat penting. Selain akan mengikuti ajang di tingkat selanjutnya yaitu provinsi dan nasional, diharapkan mereka mampu menjadi penerus pemerintah dalam hal seputar Kesehatan, Keluarga Berencana, dan Permasalahan Remaja. 


"Diharapkan nanti bisa merangkul sesama remaja, kan kalau sesama teman lebih gampang ya gimana pendekatannya," jelas Triana Nawangsari, Kabid Keluarga Berencana, Dinas P2KB (Dinas Kesehatan, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana) Kota Probolinggo, di Gedung Puri Manggala Bhakti, Kantor Wali Kota. 

Sebelum mengumumkan para pemenang, para finalis unjuk kemampuan dan menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan Generasi Berencana (Genre) yang dinilai langsung oleh Bunda Genre Aminah Hadi Zainal Abidin, Plt Kepala Dinas P2KB dr NH Hidayati, dan Dewan Pembina Genre Jawa Timur dari BKKBN Jatim, Haedar. Kriteria penilaian didapat dari pengetahuan, keterampilan, cara penyampaian jawaban di depan para juri, dan keberanian para peserta menyampaikan jawabannya.


Selaku Bunda Genre Kota Probolinggo, Aminah Hadi mengungkapkan terima kasih atas partisipasi para peserta yang telah mencurahkan bakat, kreasi, dan kemampuannya untuk tampil terbaik. 


"Para pemenang ini merupakan remaja terpilih yang bisa dijadikan contoh ya, asah terus pengalaman dan dukung program pemerintah. Persiapkan pula untuk ke ajang selanjutnya, yaitu Duta Genre Provinsi. Untuk peserta lainnya, tetap semangat dalam minat bakat kalian, jangan pernah putus asa karena pasti suatu saat nanti insyaallah akan berhasil," ucap istri Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin menyemangati.

Sementara itu, Indriana Susanti, pemenang juara 1 yang sekarang duduk di bangku kelas 12 ini tampak sangat senang. "Alhamdulillah, bisa menjuarai ini, berkat doa orang tua, dan semua yang mendukung,” ucapnya bahagia. 


Indri menyatakan, sangat ingin memotivasi teman-teman remaja lainnya, apalagi melihat berita perkembangan remaja akhir-akhir ini yang sangat mengkhawatirkan. Dirinya akan mendukung program kerja Duta Genre yang membantu para remaja melewati lima transisi kehidupan.


“Yaitu mulai mempaktikkan gaya hidup sehat, melanjutkan sekolah, mencari pekerjaan, menjadi anggota masyarakat yang baik, dan memulai keluarga serta mengajak untuk menjauhi tiga permasalahan yang sering terjadi di kehidupan remaja yaitu pernikahan dini, seks bebas, dan penggunaan narkoba,” jelasnya. (sit/fa/MH)

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts