Desa Lingat Selenggarakan Peningkatan Kapasitas KPMD, KPM dan Kader Teknik selama 2 hari

Sekretaris Desa Lingat " Dirk M. Labobar" mewakili Kades Lingat membuka Acara Pelatihan.


Tanimbar-Maluku, www.teropongtimur.co.id


Peningkatan sumber daya manusia melalui pelatihan menjadi salah satu cara merubah cara pandang/pola pikir dari yang tidak tahu menjadi tahu, tanpa peningkatan kapasitas  sudah pasti banyak hal baru yang tidak diketahui atau ketinggalan informasi,  demikian  disampaikan Kepala Desa Lingat "Adolf Hendrik Lethulur" yang diwakili sekretarisnya " Dirk M. Labobar" disaat membuka pelatihan  Kader Pemberdayan Masyarakat Desa ( KPMD), Kader Pembangunan Manusia ( KPM) dan Kader Teknik, di desa Lingat Kecamatan Selaru Kabupaten Kepulauan Tanimbar Propinsi Maluku, selasa 08 November 2022.


Lethulur berharap dengan pelatihan tersebut baik itu Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kader Teknik dan Kader Pembangunan Manusia, sungguh sungguh mengikuti kegiatan dimaksud agar ada pemahaman terkait tugas pokok masing masing agar nantinya memudahkan membantu pemerintah desa dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pertanggungjawaban,  pungkasnya. 


Adapun rincian tugas masing kader , KPMD dan Kader Teknik mendorong partisipasi dan gotong royong masyarakat untuk terlibat secara aktif dalam proses pembangunan desa, mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pengendaliannya dalam rangka melakukan pendampingan implementasi undang-undang nomor 06 tahun 2014 tentang desa. Sedangkan Kader Pembangunan Manusia ( KPM) mensosialisasikan kebijakan  konvergensi pencegahan stunting di desa kepada masyarakat desa, mendata sasaran rumah tangga 1000 hari pertama kehidupan ( HPK),  melaksanakan koordinasi dalam pelayanan pencegahan stunting seperti bidan desa, ahli gizi, tutor paud dan pemerintah desa. 


Salah satu peserta KPMD   Gerson G. Laratmase ketika diminta tanggapannya terkait pelatihan tersebut mengatakan bahwa pelatihan ini membuatnya memahami bagaimana proses perencanaan di desa dimulai sampai pada tahap pertanggungjawaban,  ini sungguh luar biasa, karena selama ini beta pikir bagaimana pemerintah desa melakukan proses proses ini bisa terjadi, dan hari ini saya dapat memahaminya, tutup Gerson. 


Kegiatan tersebut diselenggarakan selama dua hari mulai dari tanggal 08 November sampai tanggal 09 November 2022 diikuti oleh 15 orang peserta, dengan rincian 8 orang mengikuti pelatihan Kader Pembangunan Manusia, 5 orang mengikuti pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat dan 5 orang lainnya mengikuti pelatihan kader teknik.***


Pewarta : Damian

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts