Personil Polres Kapuas Hulu Sabet Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka 2022*


Kapuas Hulu Kalbar- www.teropongtimur.co.id


Aipda Belmi Siallagan, S.AP., Kasubnit Binmas Pol Air Polres Kapuas Hulu, Polda Kalbar berhasil memperoleh penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka 2022 katagori Penggiat Literasi.


Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando kepada Aipda Belmi Siallagan pada acara Malam Gemilang Perpusnas 2022 yang dilaksanakan di Grand Ballroom, Jakarta pada Senin malam tanggal 14 November 2022.


Malam Gemilang Perpusnas 2022 yang mengambil tema "Transformasi Perpusnas untuk mewujudkan Ekosistem Digital Nasional" dihadiri Gubernur Jatim Dra Hj.Khofifah Indar Parawansa, M.Si, Menteri Pertanian diwakili Sekjen Dr. Ir. Momon Rusmono, M.Si., Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando, Bupati Maros Chaidir, S.IP, M.H., Bupati Sanggau Paulus Hadi, S.IP, M.Si., Kadis Perpustakaan Prov Yogyakarta Dra. Monika Nur Lastiyani, M.M., Kadis Perpustakaan Prov Sulsel Moh Hasan, S.H, M.H., Kadis perpustakaan Provinsi Kalbar Sugeng Hariadi, M.M., para Bupati se-Indonesia atau pejabat yang mewakili, para Kadis Perpustakaan Kabupaten se-Indonesia atau pejabat yang mewakili dan para undangan baik dari dalam maupun luar negeri, jurnalis, pejabat publik, masyarakat serta para penerima penghargaan.


Kapolres Kapuas Hulu AKBP France Yohanes Siregar, S.I.K., melalui Kasi Humas Iptu Jaspian mengatakan bahwa Aipda Belmi Siallagan, S.AP., merupakan seorang anggota Polri aktif yang berdinas di Polres Kapuas Hulu, Polda Kalbar juga sebagai penggiat Literasi di Kabupaten Kapuas Hulu.


"Bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu kurun waktu empat tahun terakhir ini berupaya melakukan terobosan memberantas buta aksara, mencerdaskan anak bangsa baik di Desa dan Kecamatan yang ada di Kapuas Hulu dan dengan membaca buku dari Perpusnas," kata Iptu Jaspian.


Selanjutnya, Iptu Jaspian mengatakan bahwa Aipda Belmi Siallagan, S.AP., berhasil mengembangkan Transformasi Insklusi sosial dengan budi daya puluhan hektar buah naga, budi daya ikan lele di Rumah Baca yang didirikanya di TBM Ngudi Kaweruh Trans Kalis Desa Nanga Kalis Kecamatan Kalis Kabupaten Kapuas Hulu dan berhasil membina budi daya tanaman obat Jahe, Kunyit, Temulawak milik Ibu Khatarina di Desa Tekalong, Kecamatan Mentebah Kabupaten Kapuas Hulu.

 

Kemudian, Drs. Sugeng Hariadi, M.M., mengatakan bahwa penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka merupakan penghargaan tertinggi yang dberikan Perpusnas kepada para Pejuang Literasi. 


"Aipda Belmi Siallagan menerima penghargaan dalam kategori penggiat Literasi yang peduli akan kegemaran membaca dan dengan membaca buku dari Perpusnas berhasil mengembangkan Transformasi Insklusi sosial," ujar Drs. Sugeng Hariadi, M.M selaku Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat.


“Terima kasih kepada Kepala Perpustakaan Nasional Bapak Muhammad Syarif Bando atas penghargaan ini, rasanya senang sekali, saya bersyukur buat kebaikan Tuhan," kata Belmi Siallagan, S.AP.



"Terima kasih juga saya hanturkan kepada pimpinan saya di Polres Kapuas Hulu dan di Polda Kalimantan Barat atas bimbingan dan pembinaannya selama ini," kata Aipda Belmi.



Aipda Belmi juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu atas kerjasamanya selama ini. 



Aipda Belmi mengatakan bahwa penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka 2022 yang diterima merupakan suatu cambuk bagi dirinya untuk berbuat lebih baik lagi.


"Ke depan perpustakaan keliling dan Tranformasi Insklusi sosial ini tetap kita kembangkan, nanti selain saya berkeliling juga, Taman Bacaan Ngudi Kaweruh akan kita perjuangkan untuk mendapatkan laptop agar anak binaan tidak lagi gagal teknologi (gaptek)," kata Aipda Belmi.



Disampaikan oleh Aipda Belmi bahwa Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka 2022 ini diberikan Perpustakaan Nasional kepada masyarakat dengan katagori tokoh masyarakat, penggiat Literasi, media massa, jurnalis, penulis buku, pustakawan, maupun pihak-pihak lain yang peduli terhadap pengembangan perpustakaan dan minat baca di daerahnya.


"Sebelum menerima penghargaan tingkat Nasional di Bidang Literasi sudah banyak prestasi yang berhasil kita torehkan nya yaitu pernah dua kali mendapatkan penghargaan dari Bapak Kapolres Kapuas Hulu, satu kali dapat penghargaan dari Kepala TVRI Kalbar, satu kali dari Bupati Kapuas Hulu, terakhir bersama Dinas Perpustakaan Kapuas Hulu berhasil sebagai juara 1 Lapak Terbaik tingkat Provinsi Kalimantan Barat," kata Aipda Belmi.



Penulis : Shalom S/Hms Res KH

Sumber:Humas Polres Kapuas Hulu Polda KalbaKalb

Pewarta :  tim/Yipno

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts