Sekda Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem


Probolinggo, www.teropongtimur.co.id

KANIGARAN - Sekretaris Daerah Kota Probolinggo drg. Ninik Ira Wibawati memimpin jalannya Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Konflik Sosial (PKS) yang berlangsung Selasa (22/11), di ruang Command Center.


Didampingi Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa’bani, Dandim 0820/Probolinggo Letkol ARH Arip Budi Cahyono, Kajari Hartono dan perwakilan dari Pengadilan Negeri, giat itu juga diikuti secara virtual oleh kepala Perangkat Daerah (PD), camat dan lurah se Kota Probolinggo, sekira pukul 08.00 WIB. 

Sekda juga mengingatkan bahwa dalam beberapa hari terakhir di beberapa kota di Jawa Timur, termasuk Kota Probolinggo, terjadi cuaca ekstrem hujan deras yang disertai angin kencang yang mengakibatkan terjadinya pohon tumbang di beberapa tempat. Ia mengimbau masyarakat agar selalu waspada dan hati-hati apabila terjadi hujan yang disertai angin kencang lebih baik tak keluar rumah sampai hujan reda. 


Ia berharap cuaca ekstrem tersebut tak mengganggu pengiriman barang-barang kebutuhan masyarakat khususnya sembako, sehingga berdampak pada melonjaknya harga yang dapat meresahkan masyarakat. Ia juga berpesan pada lurah dan camat untuk lebih gencar menginformasikan update prakiraan cuaca pada seluruh warganya. Khususnya menghadapi cuaca ekstrem yang dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologi. 


“Seperti genangan, banjir, banjir bandang, angin kencang, puting beliung maupun hujan es. Perangkat Daerah terkait seperti BPBD, DLH, Dishub, DPUPR dan Satpol PP saya imbau untuk terus siaga, ya,  menghadapi cuaca ekstrem tersebut,” imbuh Ninik.

Sekda perempuan pertama itu mengapresiasi dan menyampaikan terima kasihnya pada anggota forkopimda, kepala PD di lingkungan Pemkot Probolinggo dan anggota Tim Terpadu PKS yang berkomitmen menjadikan Kota Probolinggo lebih hebat dan handal.


“Semoga rapat koordinasi ini menjadi media sinergi yang baik untuk mewujudkan Kota Probolinggo yang aman, tentram, damai dan sejahtera. Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada seluruh elemen masyarakat yang ikut berperan aktif dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketentraman,” katanya.


Di awal sambutannya, drg. Ninik menyampaikan bahwa saat ini harga kebutuhan masyarakat khususnya harga sembako relatif stabil. Untuk menekan melemahnya daya beli masyarakat, ungkap sekda, Pemkot Probolinggo telah memberikan bantuan sosial pada masyarakat di 5 kecamatan berjumlah 8.043 KK yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).


Ia menambahkan, kasus aktif beberapa hari terakhir, patut menjadi perhatian dan kewaspadaan. Saat ini kita belum bisa dikatakan aman dari problem Covid-19, sebab berbagai mutasi varian baru masih berpotensi terus terjadi.


Berdasarkan data pantauan Covid-19 di kota Probolinggo per tanggal 21 November kemarin, tercatat kasus aktif ada sebanyak 13. “Untuk itu saya meminta masyarakat untuk mengedepankan protokol kesehatan. Selain itu, bagi masyarakat yang belum divaksin, agar segera datang ke fasilitas kesehatan untuk vaksin, agar meningkatkan proteksi terhadap peredaran Covid-19,” pesannya.


Selain itu, Sekda Ninik juga menyinggung perihal kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang berlabuh menggunakan kapal pesiar berbendera Perancis di Pelabuhan Tanjung Tembaga. Walaupun tak semua wisman tersebut melakukan city tour ke Kota Probolinggo, Sekda Ninik berharap, adanya kunjungan wisman ini akan berdampak pada roda ekonomi masyarakat, khususnya pelaku UMKM yang menjual produk-produk unggulan agar bisa dikenal di luar negeri. (es/fa/MH)

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts