Sosialisasi Pelaksana'an Kebijakan Di Bidang Ideologi, Wawasan Kebangsa'an, Bela Negara Oleh Dandim 1611/Badung

Bali,www.teropongtimur.co.id

BADUNG - Komandan Kodim 1611/Badung Kolonel Inf Dody Triyo Hadi, S. Sos., M.Si. menghadiri sekaligus memberikan materi dalam kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Kebijakan  di Bidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan, Bela Negara, Karakter Bangsa, Pembauran Kebangsaan, Bhinneka Tunggal Ika dan Sejarah Kebangsaan Negara Republik Indonesia, yang diselengarakan oleh Badan Kesbangpol Kab. Badung bertempat di Aula Kantor Desa Bongkasa Pertiwi kec. Abiansemal Kab. Badung. Selasa (29/11/22).

Dalam kegiatan tersebut Dandim 1611/Badung Kolonel Inf Dody Triyo Hadi, S. Sos., M.Si  turut sebagai narasumber dalam penyampaian materi. Dimana kegiatan diawali dengan sambutan Prebekel Desa Bongkasa Pertiwi Bapak I Nyoman Buda yang menyampaikan ucapan terimakasih dan mengapresiasi atas kehadiran Bapak Komandan Kodim 1611/Badung dapat turun langsung untuk memberikan sosialisasi Idiologi  dan Wawasan Kebangsaan. 

Dalam kesempatan tersebut Dandim 1611/Badung Kolonel Inf Dody Triyo Hadi, S.Sos., M.Si. menyampaikan salam perkenalan  dan menceritakan pengalaman tugas kepada peserta sosialisasi di Desa Bongkasa Pertiwi dan penayangan Vidio pesan dari Presiden Pertama Ir. Sukarno dilanjutkan dengan Pemberian Materi.

Materi Pertama yang diberikan oleh Dandim 1611/Badung yaitu 4 Konsensus Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, dimana dalam materi tersebut membahas tentang warga negara Indonesia harus mengetahui sejarah dan nilai - nilai Pancasila, Tujuan Nasional yang tertuang dalam pembukaan UU 1945 alinea keempat serta 4 Konsesus Dasar Bangsa Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu Pancasila, UU 1945, NKRI, Bhineka Tugal Ika dalam meningkatkan rasa nasionalisme kita harus mengamalkan 4 konsensus dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Materi Kedua yaitu Nilai-nilai Pancasila, dimana dalam penyampaiannya membahas tentang sejarah lahirnya Pancasila serta Nilai - Nilai Esensi Pancasila yaitu Nilai Religius, Nilai Keadilan, Nilai Kekeluargaan, Nilai Kerakyatan dan Nilai Keselarasan.

Materi Ketiga yaitu Bela Negara, dimana Bela Negara itu sendiri adalah tekad, sikap perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan Negara.

Peran Kebudayaan dalam Bela Negara adalah Sebagai Pemersatu Bangsa dan Sebagai Banteng Pertahanan Non fisik.

"Saya sangat mengapresiasi serta mengucapkan terimakasih telah diberikan kesempatan untuk mengisi materi dalam kegiatan ini serta rasa bangga saya ucapkan kepada seluruh peserta yang hadir telah menyimak materi yang telah diberikan dengan penuh antusias, dimana ini merupakan perwujudan bahwa masyarakat sampai saat ini masih cinta akan Negara Kesatuan Republik Indonesia" pungkas Dandim 1611/Badung diakhir acara. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 1611/Badung, Kabid Kesbangpol Kab. Badung I Nyoman  Adi Trisna Aditya, Prebekel Desa Bongkasa Pertiwi, Danramil 1611-05/Abs, Perwakilan Badan Pengawas Desa, Perwakilan LPM Desa, Perwakilan PKK Desa Bongkasa Pertiwi, Perwakilan Karang Taruna Desa Bongkasa Pertiwi, Perwakilan Linmas Desa Bongkas Pertiwi, Para Staf Desa Bongkasa Pertiwi dan Para Peserta Sosialisasi.

Pewarta : Amin

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts