*Wadan Lantamal XII Pimpin Upacara Tabur Bunga di KRI Karotang-872*



Mempawah,Kalbar- www.teropongtimur.co.id


*Lantamal XII*


Wakil Komandan Lantamal XII Pontianak Kolonel Marinir Budiarso, S.E., mewakili Danlantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han) bertindak selaku Inspektur Upacara pada Upacara Tabur Bunga dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke-77 Tahun 2022 yang dilaksanakan di KRI Karotang-872.


Pelaksanaan Upacara Tabur Bunga ini diawali dengan foto bersama Wadan Lantamal XII dengan Pejabat dari satuan Angkatan Darat, Udara, Kepolisian dan Forkopimda Provinsi Kalbar yang mengikuti upacara tabur bunga atau yang mewakili serta Pejabat Utama Lantamal XII di dermaga Mako Lantamal XII Jalan Raya Wajok Km.17 Kabupaten Mempawah.

Selesai foto bersama para peserta upacara on board di KRI Karotang-872 kemudian tolak menuju dermaga Satrol Lantamal XII Jalan Komodor Yos Sudarso No.1 Pontianak Barat Kota Pontianak. Dalam perjalan menuju dermaga Satrol dilaksanakan Upacara Tabur Bunga dalam rangka Hari Pahlawan ke-77 Tahun 2022.


Wadan Lantamal XII Kolonel Marinir Budiarso, S.E., sebagai Irup dalam Upacara Tabur Bunga tersebut. Adapun susunan tata upacara diawali dengan laporan Komandan Upacara kepada Irup, penghormatan kepada arwah para pahlawan dipimpin oleh Danup, mengheningkan cipta, kemudian dilanjutkan pelarungan bunga oleh Irup, penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan, pembacaan doa dan ditutup dengan laporan Danup bahwa upacara telah dilaksanakan.


Selesai acara pokok dilanjutkan penaburan bunga dilaut oleh Wadan Lantamal XII sebagai Irup diikuti oleh tamu undangan yang hadir dalam upacara tersebut. Demikian juga kapal dari Bea Cukai dan Kapal Hiu dari PSDKP yang turut berlayar mendampingi KRI Karotang-872 dalam upacara Tabur Bunga. 


Dalam penjelasannya Wadan Lantamal XII menyampaikan, "Upacara Tabur Bunga di Laut ini dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke-77 tahun 2022 ini dilaksanakan di KRI Karotang-872 dan juga ikut serta Kapal Bea Cukai 20004 serta Kapal PSDKP HIU 11, maksudnya pelaksanaan upacara ini untuk mengenang jasa-jasa Pahlawan laut baik dari Militer maupun dari Sipil yang sudah mengorbankan jiwa raganya untuk Negara Republik Indonesia," jelas Wadan Lantamal XII.


"Jangan sekali-kali kita melupakan sejarah, karena kita bisa besar dan berdiri tegak menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia ini karena jasa-jasa dari para pahlawan. Hendaklah apa yang menjadi suri teladan dari para pahlawan buat kita ikuti dengan baik menjadi suri tauladan buat kita, sehingga kedepan kita tetap berjuang demi tegaknya negara Indonesia ini dengan situasi dan kondisi yang ada sekarang, dengan ilmu dan kemampuan yang kita miliki sekarang, dengan teknologi yang ada sehingga negara Indonesia ini tetap tegak berdiri," pesan dari Kolonel Budiarso.


Upacara diikuti oleh satuan dari TNI Angkatan Darat, Laut, Udara dan Kepolisian serta Pejabat Sipil dari Pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat, Purnawirawan Angkatan Laut dan pengurus Jalasenastri Korcab XII DJA I.


(Sumber:Dispen Lantamal XII)

Pewarta : Yipno

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts