Puluhan Insan Jurnalis Situbondo Ikuti Sosialisasi DBHCHT dan Informasi Statistik


TTN Situbondo – www.teropongtimur.co.id

 Pemkab Situbondo menggelar Sosialisasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Dana tersebut dipergunakan untuk berbagai macam kegiatan. Salah satunya sosialisasi DBHCHT 2021 kali ini yang dilaksanakan bersama puluhan Insan Jurnalis Situbondo. 

Sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mendapat mandat untuk mengelola anggaran DBHCHT tahun 2021, Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kabupaten Situbondo menggelar acara Sosialisasi DBHCHT bagi para Jurnalis yang bertugas di Kabupaten bertempat di Aula Sasana Krida Inspektorat Kabupaten Situbondo, Rabu, (08/12/2021) sekitar pukul 09.00 wib sampai selesai.Acara sosialisasi tersebut dihadiri oleh puluhan Jurnalis dari berbagai media. Diskominfo menghadirkan dua narasumber, yaitu dari Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah, Ir. Quratul Aini, M.Si yang mewakili Sekdakab Situbondo, Drs. H. Syaifullah, MM dan juga dari Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Situbondo, Bagas Susilo, S.ST.,M.Si. 

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Situbondo, Dadang Aries Bintoro, S.Sos.,M.Si dalam sambutannya mengatakan, bahwa, “Kegiatan sosialisasi DBHCHT dan informasi statistik hari ini merupakan bagian dari keseluruhan kegiatan yang didanai oleh DBHCHT. Sebagai salah satu OPD pengelola DBHCHT, pihaknya telah melakukan berbagai macam kegiatan”. 

“Salah satu kegiatan yang kita lakukan adalah sosialisasi DBHCHT dan informasi statistik. Pada kesempatan ini kepada teman-teman wartawan sebagai mitra kami (Pemkab Situbondo, red)”, ujarnya.

 Menurutnya, adapun kegiatan yang dilakukan oleh Diskominfosan untuk DBHCHT diantaranya yaitu penyediaan fasilitas media informasi kepada masyarakat dan sosialisasi relawan TIK, serta sosialisasi pada teman-teman wartawan.

 “Semua kegiatan yang sudah dan akan kita lakukan tersebut itu berdasarkan arahan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. Jadi kita tidak bisa semerta-merta membuat kebijakan tanpa persetujuan dari Pemprov”, imbuhnya.

 Sementara itu, Sekdakab Situbondo, Drs. H. Syaifullah, MM dalam sambutannya yang disampaikan oleh  Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah, Ir. Quratul Aini, M.Si mengatakan, bahwa kami akan menyampaikan pesan bapak Sekdakab, “Dalam hal penyebaran berita palsu (hoax) terutama melalui dunia maya tidak bakal surut setelah momentum Pilkada kemarin. Hoax masih tetap ada karena efektif digunakan untuk menghantam berbagai kepentingan, termasuk kinerja pemerintahan”.

 Sambung dia, keberadaan UU yang komprehensif mengatur perilaku di dunia maya sangat mendesak, mengingat saat ini negara dinilai tak berdaya mengatasi maraknya hoax. KUHP dan UU ITE belum mampu menyasar produsen sekaligus penyebar berita palsu. Pada acara Sosialisasi ini diharapkan menjadi momentum kebersamaan pers untuk melawan hoax antara lain dengan pendekatan profesionalisme dan penajaman standar jurnalistik oleh media arus utama (mainstream).

 “Perlu peran pers yakni dengan menyajikan pemberitaan yang benar, sesuai fakta dan berimbang”, pungkasnya. (tim)

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts