Aksi Demo di Banyuwangi Menolak Masa Jabatan Kades 9 Tahun


Banyuwangi tropong timur news


Masyarakat yang tergabung dalam Serikat Rakyat Banyuwangi,menggelar aksi demo di balai  Desa Tapanrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi,Rabu (25/1/2023)


Demontrasi yang diikuti oleh perwakilan para tokoh  masyarakat,LSM, pemuda,mahasiswa,dan  elemen rakyat Banyuwangi bersama -sama melakukan aksi demontrasi yang digelar di balai Desa Tapanrejo Kecamatan Muncar Banyuwangi.    


Aksi demontrasi ini menolak  tuntutan perpanjangan masa jabatan  kepala desa menjadi 9 tahun yang disuarakan para kepala desa yang berdemonstrasi menyuarakan aspirasi di depan Gedung DPR Jakarta, Senin,16 Januari 2023 lalu,untuk merevisi Undang Undang No.6 tahun 2014 tentang perpanjangan masa jabatan kepala desa dari 6 tahun menjadi 9 tahun dengan mengatasnamakan rakyat.


Koordinator  Lapangan Supono,menyampaikan pernyataan sikap Serikat Rakyat Banyuwangi antara lain:


Kepala Desa melakukan aksi demontrasi di Jakarta untuk merevisi Undang Undang No.6 tahun 2014 adalah atas keinginan pribadi kepala desa,bukan keinginan rakyat.


Meminta Bupati  dan DPRD Kabupaten Banyuwangi untuk membubarkan Asosiasi Kepala Desa yang ada di wilayah Banyuwangi,karena asosiasi tersebut saat ini di gunakan untuk kepentingan politik pribadi kepala desa dan menggangu kinerja sebagai pelayan masyarakat desa.


Meminta kepada aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas terkait juru bicara aksi yang menyatakan jika tuntutan kepala desa tidak dipenuhi akan menghabisi suara partai di setiap desa,karena itu merupakan suatu pelanggaran nyata terhadap demokrasi.


Kepala desa Tapanrejo,Sulaiman mengatakan,apa yang menjadi tuntutan dari aksi demo ini,akan diteruskan dan disampaikan kepada Ketua Asosiasi Kepala Desa  Banyuwangi.


"Karena saya punya wadah yaitu Asosiasi Kepala Desa Banyuwangi maka akan saya sampaikan,"katanya.


Aksi demontrasi berjalan dengan lancar,aman,damai dan kondusif yang dikawal dari aparat kepolisian dan linmas desa Tapanrejo Kecamatan Muncar Banyuwangi.(Gus Vespa)

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts