*Danlantamal XII Pontianak Tekan Tombol Sirene Tanda Dimulai _Groundbreaking_ Pembangunan RSAL Tingkat III Pontianak*


Pontianak, www.teropongtimur.co.id

TNI AL, Lantamal XII - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han) menekan tombol sirene menandakan dimulainya _groundbreaking_  pembangunan Rumah Sakit Angkatan Laut Tingkat III Pontianak di Batu Layang Kecamatan Pontianak Utara Kota Pontianak Kalimantan Barat, Selasa (03/01/2023).


Komandan Lantamal XII Pontianak dalam mengawali sambutan menyampaikan, "Pembangunan Rumah Sakit Tingkat III di Batu layang ini akan menjadi salah satu rumah sakit untuk melayani dan menangani anggota TNI/TNI AL beserta keluarganya dan warga masyarakat umum di sekitarnya yang membutuhkan layanan kesehatan. Keberadaan Rumah Sakit Angkatan Laut Tingkat III ini melalui proses pinjam pakai yang nantinya akan dilanjutkan dengan proses hibah dari Pemkot Pontianak kepada TNI Angkatan Laut," kata Danlantamal XII dalam sambutannya.


"Pembangunan Rumah Sakit Tingkat III ini merupakan salah satu dari 24 Rumah Sakit yang di bangun oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) tahun 2022 untuk Angkatan Laut Rumah Sakit Lantamal XII Pontianak, Rumah Sakit Lantamal II Padang dan Rumah Sakit Lantamal XIV Sorong serta satu peningkatan Rumah Sakit di Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Pembangunan rumah sakit ini akan selesai pada medio bulan Juni tahun 2023 dan rencana akan di resmikan oleh bapak Presiden RI," lanjut Komandan Lantamal XII.


"Pembangunan Rumah Sakit Tingkat III di Batu layang ini nantinya akan memiliki 4  spesialisasi dasar yang menjadi persyaratan rumah sakit tipe “C” yaitu Dokter spesialis anak, Dokter spesialis penyakit dalam, Dokter spesialisasi bedah, dan

Dokter spesialisasi kebidanan dan kandungan," jelas Laksma Suharto.


"Keberadaan Rumah Sakit Tingkat III di Batu layang ini, diharapkan akan mampu mendukung kelancaran tugas pokok dan fungsinya, dan juga mampu berkontribusi membantu upaya 

pemerintah dalam mencetak tenaga-tenaga medis melalui kerja sama dengan beberapa lembaga pendidikan keperawatan, kebidanan dan perguruan tinggi kedokteran yang berada di pontianak," sambung Danlantamal XII dalam sambutannya.


“Kita bersyukur Pontianak menjadi salah satu yang mendapat program itu,” ungkapnya.


Laksma TNI Suharto menambahkan, dengan adanya RSAL ini maka lengkaplah fasilitas kesehatan di wilayah Kecamatan Pontianak Utara, dari yang awalnya baru terdapat puskesmas dan kini yang terbaru adalah RSUD Pontianak Utara. Ia menyebut, sebagaimana perintah Panglima TNI, bahwa rumah sakit milik TNI melayani masyarakat tanpa terkecuali, ada atau tanpa BPJS, mereka dipersilakan untuk berobat.


“Itu perintah Panglima TNI, tugas kita melayani masyarakat, tentu pembangunan ini juga dari uang pajak masyarakat dalam hal ini Kementerian Pertahanan,” jelasnya.


“Karena bulan Juli tahun 2023 ditargetkan sudah diresmikan oleh Presiden. Semoga dalam keadaan siap operasional,” pungkasnya.


Sementara itu Walikota Pontianak Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, M.M.,M.T., dalam sambutannya menyampaikan, "Lahan yang rencana akan dibangun sebagai Rumah Sakit Angkatan Laut Tk. III ini merupakan milik Pemko Pontianak dan rencana akan dihibahkan kepada TNI AL, semoga kedepan akan bermanfaat bagi TNI dan masyarakat kota Pontianak sebagai suatu bentuk kolaborasi antara TNI dengan Instansi pemerintahan kota Pontianak dalam melayani kesehatan masyarakat," kata Walikota Pontianak.

 

"Semoga dengan adanya pembangunan Rumah Sakit Tk. III TNI Angkatan Laut ini akan menjadikan salah satu peningkatan kesejahteraan. Saya yakin Rumah Sakit ini kelak menjadi sebuah Rumah Sakit yang bersih dan profesional dalam melayani para pasien," pungkas Edi Rusdi Kamtono


 Acara _groundbreaking_ pembangunan Rumah Sakit Tingkat III Pontianak dihadiri oleh 

Walikota Pontianak, Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, M.M.,M.T.,  Ketua DPRD Kota Pontianak, Sataruddin, S.H., Wakil Ketua I DPRD kota Pontianak, Dr. Firdaus Zar'in, Plt. Kakanwil DJKN Kalbar, Sudarman, Wadan Lantamal XII Kolonel Marinir Budiarso, S.E.,

Para Asisten dan Kadis serta Kasatker, Kakesdam XII Tanjungpura, diwakilkan Kapten Ckm M. Rustami, Kadinkes kota Pontianak, dr. Ferry, Kadinkes Mempawah, Jamiril, Direktur RSUD dr. Soedarso, dr. Deviandoko, Direktur RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie, Wahyudi, Karumkit RS AU dr. Mohammad Sutomo, dr. Ary Eko Arjunanto, Sp.PD., FINASIM, Camat Pontianak Utara, Dini Eka Wahyuni dan tamu undangan lainnya dari tokoh masyarakat dan tokoh agama serta tokoh pemuda daerah setempat.


Dalam acara _groundbreaking_  tersebut diawali dengan doa keselamatan, penampilan tarian 'Tidayu' tarian tiga etnis sebagai tarian selamat datang dan acara tepung tawar pada pemancangan perdana tiang pancang dan penekanan tombol sirene tanda dimulainya kegiatan pembangunan Rumah Sakit Angkatan Laut Tingkat III Pontianak.  


(Dispen Lantamal XII)

Pewarta : Yipno

 



 

 

 



  




  

 

 







  

 

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts