Danramil 1611-07/Denbar Beri Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, Bela Negara dan Nilai Pancasila Kepada Siswa SMPN 7 Denpasar

Bali,www.teropongtimur.co.id

DENPASAR – Danramil 1611-07/Denbar Mayor Inf Ida Bagus Putu Swatama memberikan Sosialisasi Menumbuhkan Wawasan Kebangsaan, Bela Negara dan Nilai Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Merdeka kepada Siswa dan Siswi SMPN 7 Denpasar bertempat di SMPN 7 Denpasar Jln. Gn Rinjani Desa Tegal Harus Kec. Denbar Kota Denpasar. Senin (16/01/23).

Dalam kesempatan tersebut Danramil 1611-07/Denbar menyampaikan salam perkenalan dan menceritakan pengalaman tugas kepada peserta sosialisasi siswa dan siswi SMPN 7 Denpasar dilanjutkan dengan Pemberian Materi.

Materi Pertama yang diberikan yaitu Wawasan Kebangsaan yang artinya adalah cara pandang Bangsa Indonesia dalam mengelola kehidupan berbangsa dan bernegara yang dilandasi jati diri bangsa dan kesadaran terhadap sistem nasional yang bersumber dari Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika, untuk memecahkan berbagai persoalan bangsa dan negara demi mencapai masyarakat yang aman, adil, makmur dan sejahtera. 

"Wawasan kebangsaan memiliki arti penting dalam mempertebal rasa kebangsaan serta meningkatkan semangat kebangsaan. Bagi bangsa Indonesia, wawasan kebangsaan merupakan nilai mendasar yang sudah menjadi pandangan hidup bangsa atau karakter politik bangsa," kata Mayor Inf Ida Bagus.

Materi Kedua yaitu Bela Negara, dimana Bela Negara itu sendiri adalah tekad, sikap perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan Negara.

Peran Kebudayaan dalam Bela Negara adalah Sebagai Pemersatu Bangsa dan Sebagai Banteng Pertahanan Non fisik.

Materi Ketiga yaitu Nilai-nilai Pancasila, dimana dalam penyampaiannya membahas tentang sejarah lahirnya Pancasila serta Nilai - Nilai Esensi Pancasila yaitu Nilai Religius, Nilai Keadilan, Nilai Kekeluargaan, Nilai Kerakyatan dan Nilai Keselarasan.

Saya sangat mengapresiasi serta mengucapkan terimakasih telah diberikan kesempatan untuk mengisi materi sosialisasi ini kepada para siswa dan siswi SMPN 7 Denpasar sebagai generasi muda, ini merupakan suatu kehormatan juga saya dapat berperan serta langsung dalam membuka wawasan para calon penerus Bangsa ini sehingga diharapkan para generasi muda kita ikut berperan serta mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif dan lebih cinta akan NKI" pungkas Danramil 1611-07/Denbar.

Turut hadir dalam acara tersebut Danramil 1611-07/Denbar, Kepala Sekolah dan Para Guru SMPN 7 Denpasar, Babinsa Koramil 1611-07/Denbar serta Para Siswa dan Siswi SMPN 7 Denbar.

Pewarta : Amin

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts