"Hasil klarifikasi Kanit PPA Polres Situbondo"


Situbondo,www.teropong timur news.co.id.


Seperti diberitakan beberapa bulan lalu perihal pengaduan dugaan tindak pidana pencabulan dibawah umur yang dilaporkan oleh Tijo alamat desa Sopet, kecamatan Jangkar, Situbondo (orang tua korban pencabulan inisial Melati) dan teradu/terlapor DD, warga desa Palangan, kecamatan Jangkar, Situbondo, awak media meminta informasi dan klarifikasi kepada ibu Indah (kanit PPA Polres Situbondo) perihal kelanjutan penanganan perkara tersebut (Rabu, 4 Januari 2023).


Awak media mempertanyakan beberapa pertanyaan kepada ibu Indah sebagai Kanit PPA, "terkait kasus dugaan tindak pidana pencabulan yang terjadi kepada Melati (nama samaran) alamat desa Sopet, kecamatan Jangkar, Situbondo :

1.apakah sudah ada bukti-bukti saat kejadian dan saksi-saksi yang melihat peristiwa pencabulan  ?

2.apa maksud dan tujuan DD (terlapor/terduga) diberi undangan untuk dimintai keterangan ?

3.apakah dalam proses penanganan kasus ini 2 (dua) unsur untuk laporan/pengaduannya sudah terpenuhi sesuai pasal 184 KUHAP, 188 KUHAP dan proses penanganan kasus ini sudah sesuai UU Polri dan Perkap ?

4.sanksi hukum apa yang bisa diberikan kepada seorang DD (terlapor/terduga) ketika diundang berkali-kali oleh unit PPA  namun DD tidak hadir dalam undangan perihal permintaan klarifikasi/keterangan ?

5.kapan peristiwa dugaan pencabulan itu terjadi, dimana TKP nya, siapa saksi-saksi yang mengetahui langsung dan alat bukti apa yang didapat ?

6.apakah bisa pihak APH dalam kasus ini diintervensi, ditekan oleh pelapor/lembaga untuk dipengaruhi dalam penanganan kasus ini ?"

 pertanyaan-pertanyaan tersebut dipertanyakan agar kasus ini bisa menjadi terang benderang.


Dalam kesempatan yang sama ibu Indah (kanit PPA Polres Situbondo memberikan penjelasan kepada awak media, "karena bayinya (bayi melati/korban/nama samaran) sudah lahir, kami perlu meminta klarifikasi/keterangan dari DD (terlapor/terduga), kalau bisa sekalian ditest DNA, apakah hasilnya nanti identik atau tidak tergantung hasil test DNA, ya kalau identik ya prosesnya lanjut mas, kalau tidak identik yang bisa dihentikan, saya cuma butuh keterangan/klarifikasi DD" demikian jawaban ibu indah Kanit PPA Polres Situbondo.


Kanit PPA memberikan penjelasan yang sudah dimintai keterangan dari pihak Pelapor, sedangkan untuk alat bukti, saksi-saksi, TKP pastinya dimana waktu kejadian, kapan waktunya ?? masih dalam tahap lidik.


Pewarta  :  Wahyu

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts