PPK se-Kota Probolinggo Resmi Dilantik


Probolinggo, www.teropongtimur.co.id

MAYANGAN - Sebanyak 25 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Probolinggo yang telah lolos seleksi administrasi hingga tes wawancara, resmi dilantik dan diambil sumpah oleh Ketua KPU Kota Probolinggo, Rabu (4/1) di Gedung Paseban Sena.


Sebagai garda terdepan untuk pelaksanaan pemilihan umum tidaklah mudah bagi PPK untuk menjalankan tugas. Dibutuhkan kemampuan intelektual, sosial dan teknis. Dengan begitu anggota PPK akan mampu menjalankan tugas pada pemilihan umum (Pemilu) pada tahun 2024 yang akan datang.


 “Sesudah dilantik maka sudah menunggu juga tugas dan tanggung jawab sebagai anggota PPK. Hari ini juga (4/1) akan dilakukan pembekalan oleh Kapolres, Dandim, dan Ketua Bawaslu. Dan besok (5/1) akan dilakukan orientasi tugas oleh seluruh komisioner KPU Kota Probolinggo, terkait dengan tugas-tugas sesuai dengan tupoksi divisi PPK,” terang Ketua KPU Ahmad Hudri dalam sambutannya.

Hudri mengungkapkan hingga saat ini, KPU Kota Probolinggo telah melaksanakan beberapa tahapan penyelenggaraan Pemilu. Diantaranya, verifikasi partai politik yang telah ditetapkan pada tanggal 14 Desember 2022 lalu, penyelesaian tahapan penataan daerah pemilihan, penyelesaian tahapan pembentukan Badan Ad hoc di tingkat kecamatan hingga pelantikan anggota PPK.


“Kita akan melaksanakan tahapan verifikasi terhadap dukungan calon perseorangan peserta pemilu anggota DPRD. Dan nanti tepat 14 Februari 2024 pemungutan suara Pemilu tahun 2024 yang akan memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/kota dan DPD. Dilanjutkan 27 November 2024 kita akan melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak secara nasional,” ungkapnya.


Menurut Hudri, anggota PPK tidak bisa bekerja sendiri sehingga perlu ada koordinasi dan komunikasi yang baik dengan semua pihak terutama di wilayah kecamatan masing-masing. Karena berhasil dan tidaknya penyelenggaraan pemilu tahun 2024 tidak hanya bergantung kepada KPU beserta jajaran Ad hoc saja, tetapi juga pada penyelenggara pemilu lainnya dan stakeholder lainnya.


“Tanamkan komitmen untuk senantiasa istikamah terhadap azas dan prinsip sebagai penyelenggara dalam penyelenggaraan Pemilu 2024. Kami berharap dukungan doa sekalian agar penyelenggaraan Pemilu 2024 khususnya di Kota Probolinggo berjalan dengan aman, kondusif, tertib, berkualitas dan berintegritas. Sehingga terpilih para wakil rakyat yang berkualitas dan istikamah membawa aspirasi masyarakat, serta terpilih para pemimpin yang baik untuk pembangunan di masa depan,” harap Hudri.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kota Probolinggo drg. Ninik Ira Wibawati mengucapkan selamat kepada anggota PPK yang sudah dilantik. Keberadaan PPK sebagai ujung tombak kesuksesan Pemilu di tahun 2024 mendatang.


“Seperti yang sudah disampaikan dalam pakta integritas yang dibacakan tadi, anggota PPK harus jujur, tidak memihak manapun baik secara pribadi dan golongan. Sehingga pemilu di tahun 2024 semoga berjalan lancar, tidak ada kendala apapun dan tetap kondusif, khususnya di Kota Probolinggo,” pesannya.


Hal senada juga disampaikan Lita, anggota PPK Kecamatan Wonoasih yang mengaku lega sekaligus siap menjalankan tugas-tugas PPK. “Disamping bahagia juga ada sumpek-sumpeknya karena tugas sudah menanti. Seperti yang disampaikan komisioner, tugas-tugas setelah pelantikan harus mulai dikerjakan, seperti yang terdekat pendampingan untuk tes CAT bagi anggota PPS (Panitia Pemungutan Suara),” bebernya.


Dalam pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut dihadiri seluruh komisioner KPU Kota Probolinggo, perwakilan forkopimda, Ketua Bawaslu, kepala perangkat daerah terkait, camat dan ketua partai politik. (mir/fa/MH)

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts